Asal-Usul| Riwayat Pangandaran

Di posting oleh BahrumDAT pada 03:45 AM, 21-May-13

WILAYAH Pesisir Selatan Provinsi Jawa Barat, yang ujung timurnya berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah, dikenal dengan nama Kabupaten Pangandaran. Daerah pemekaran dari Kabupaten Ciamis ini, umurnya memang masih muda (22 April 2013). Namun, soal popularitas jangan ditanya. Pangandaran itu primadona obyek wisata pantai di propinsinya, bukan?
Jika ia bisa bicara seperti manusia, banyak cerita dan kisah yang dapat disampaikannya. Akantetapi, riwayat nama Pangandaran sendiri, agaknya tak berlebihan kalau jadi yang pertama yang disampaikan.
Banyak versi asal-usul nama kabupaten yang beribu kota di Kecamatan Parigi ini. Dan penuturnya, semuanya, mengawali ceritanya dengan, "Ini mah hanya cerita nenek-moyang, yang diturunkan dari generasi ke generasi..."
Konon, nama Pangandaran dibentuk oleh kata 'pangan' atau makanan. Dan 'andar' atau 'andar-andar' yaitu orang dari luar yang kerjanya hilir-mudik karena mencari pekerjaan. Setelah kedua suku kata Bahasa Sunda tadi digabungkan, dan diberi akhiran, jadilah Pangandaran (nama). Dan sebagai nama, Pangandaran memiliki makna philosopis : tempat yang banyak didatangi orang yang mencari nafkah.
Pertanyaannya sekarang, pekerjaan apa saja yang mengundang banyak orang dari luar itu? Dan kapan itu berlangsung? Mengenai itu dan yang lainnya, kita lanjutkan di tulisan selanjutnya.
Hanya yang jelas, kabupaten yang dibentuk oleh sepuluh kecamatan tersebut, 'singgah' di Desa Karangbenda hanya untuk sementara. Maksudnya, masa mendatang, pusat pemerintahan dan perkantorannya akan dibangun di Desa Cintaratu.

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

2 tanggapan untuk "Asal-Usul| Riwayat Pangandaran"

Rians Blog Hiburan pada 11:16 AM, 21-May-13

mantab gan, di tunggu
kunbalnya di
http://rians.pun.bz

BahrumDAT pada 03:55 PM, 21-May-13

@Rians Blog Hiburan,
terima kasih. Saya lagi belajar nulis..he he..

Langgani komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar